Implementasi EDUROAM

UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan Data

Pengenalan EDUROAM

Eduroam adalah singkatan dari “education roaming” yang merupakan layanan global yang menyediakan akses jaringan nirkabel (Wi-Fi) aman bagi anggota komunitas pendidikan dan penelitian di seluruh dunia. Sejarah Eduroam dimulai pada tahun 2002 sebagai proyek kerjasama antara Universitas Nijmegen di Belanda dan Universitas Aarhus di Denmark. Pada awalnya, tujuan dari proyek ini adalah untuk memungkinkan mahasiswa dan staf akademik yang berada di kedua universitas tersebut untuk menggunakan akun nirkabel mereka di kedua lokasi. Proyek ini sukses dan mendapatkan perhatian dari komunitas pendidikan di seluruh dunia. 

Dalam beberapa tahun berikutnya, Eduroam menjadi inisiatif kolaboratif internasional yang melibatkan lembaga-lembaga pendidikan di berbagai negara. Pada tahun 2004, eduroam menjadi bagian dari proyek EUMEDCONNECT yang melibatkan lembaga-lembaga pendidikan di Eropa, Afrika Utara, dan Timur Tengah. Kemudian, pada tahun 2006, proyek ini menjadi bagian dari GEANT (Gigabit European Advanced Network Testbed), yang merupakan jaringan penelitian dan pendidikan terbesar di Eropa. Eduroam memungkinkan sivitas akademika di seluruh dunia mendapatkan koneksi WiFi secara seamless di 101 negara dan di lebih dari 12.000 institusi.

EDUROAM di Indonesia

Perkembangan layanan Eduroam sampai saat ini sangat pesat. Terdapat lebih dari 89 roaming operator yang tersebar di seluruh dunia dan Indonesia adalah salah satunya.

Di Indonesia terdapat 2 NRO (National Roaming Operator) yang bertugas sebagai operator layanan Eduroam tingkat nasional, yaitu Universitas Islam Indonesia dan Institut Teknologi Bandung.

Kedua institusi ini bertanggung jawab di dalam 2 pembagian wilayah, yaitu Indonesia bagian barat (Jawa Barat, Sumatra, Jakarta dan Kalimantan) oleh Institut Teknologi Bandung dan Indonesia bagian timur (Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua Barat) oleh Universitas Islam Indonesia.

Sampai dengan bulan September 2023, terdapat 30 Institusi Pendidikan di Indonesia yang berkolaborasi menyediakan jaringan Eduroam. Ini belum termasuk beberapa lembaga pemerintahan dan lokasi-lokasi publik lain yang sudah bergabung.

 

 

Implementasi EDUROAM di UIN GUSDUR

Bagi sivitas akademika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan dengan tergabung ke dalam jaringan Eduroam dapat meningkatkan mobilitas dan ketersediaan akses internet dengan Institusi, Lembaga, dan fasilitas-fasilitas umum yang menyediakan akses Eduroam. Hanya dengan menggunakan akun email resmi dari UIN Gusdur tanpa perlu mendaftar atau meminta akses khusus di institusi, lembaga, atau tempat yang dikunjungi. Akses ini dijamin aman melalui teknologi keamanan yang menggunakan enkripsi yang kuat.

Koneksi internet Eduroam menggunakan akun email UIN Gusdur ini tidak hanya bisa digunakan di Indonesia, namun juga dapat dinikmati oleh sivitas akademika ketika berada di luar negeri. Misalnya saat mengadakan kolaborasi riset atau conference, atau bahkan studi lanjut di luar negeri, para dosen atau peneliti tetap dapat menggunakan internet hanya dengan akun email UIN Gusdur.

Dari sisi internal UIN Gusdur, penerapan Eduroam akan dilanjutkan dengan pemisahan jalur koneksi antara Dosen, Mahasiswa, Tenaga Kependidikan, Tamu yang terafiliasi Eduroam, +Tamu yang tidak memiliki akun terafiliasi dengan Eduroam, serta internet publik yang nantinya akan digunakan untuk sumber pendapatan selaras dengan perubahan status UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Pemisahan jalur koneksi ini dimaksudkan agar fasilitas internet GRATIS yang disediakan institusi hanya dapat digunakan oleh sivitas akademika yang berhak atau orang lain yang telah diberikan akses, sehingga setiap penggunaan koneksi internet dapat terpantau dan kecepatan akses internetnya dapat dimaksimalkan.

Bagaimana cara mengaktifkan akun email UIN Gusdur di jaringan Eduroam ?

Sebelum menggunakan akun email UIN Gusdur di jaringan Eduroam, tiap pengguna perlu melakukan Aktivasi akun pada laman akun.uingusdur.ac.id

Klik tautan untuk melakukan aktivasi seperti yang ditunjukan panah hijau. Selanjutnya akan diarahkan ke halaman login akun email Google.

Masukan informasi email UIN Gusdur anda pada kolom yang disediakan.

Harap diperhatikan!, akun yang dimasukan adalah akun email resmi dari UIN Gusdur yang memiliki prefik @uingusdur.ac.id , bukan akun pribadi yang memiliki prefik @gmail.com atau @gmail.co.id.

Bagi anda yang akun Google-nya sudah tersimpan pada browser (chrome, opera, firefox), tampilan yang muncul akan sedikit berbeda. Namun pastikan untuk memilih akun yang memiliki prefik @uingusdur.ac.id.

Setelah memasukan sandi akun email UIN Gusdur, akan muncul notifikasi bahwa akun sudah diaktifkan.

Anda dapat masuk pada laman akun.uingusdur.ac.id untuk melakukan perubahan Profil dan Sandi. Pada laman ini, diharapkan untuk mengisi email pemulihan menggunakan akun Google pribadi anda atau akun email lain (Yahoo, Outlook, iCloud) selain akun email UIN Gusdur jika sewaktu-waktu anda membutuhkan atau lupa akun email UIN Gusdur anda.

UTIPD

UIN Gusdur Pekalongan
Jl. Pahlawan Km.5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan 51161
Telp: +62 (285) 412575
Fax: +62 (285) 423418

Copyright 2024 © All rights Reserved. Design by UTIPD UIN Gusdur Pekalongan